Apa yang dimaksud dengan “Menerima”?

Apa yang dimaksud dengan “Menerima”?

Sebelum kita mencoba untuk belajar menerima kenyataan dalam dihidup kita. Kita harus tahu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan menerima. Kita kadang salah dalam mengartikan kata menerima ini. Pernah ga sih kalian ada di situasi dimana kalian ga suka sama diri kalian. Kalian benci sama diri kalian sendiri, kenapa kalian ngelakuin hal seperti itu, kenapa hidup kalian seperti itu, kenapa kalian kaya kalian sekarang? Kalau kalian pernah, kalian ga sendirian karena gw pernah kaya gitu. Gw benci banget sama diri gw sendiri sampai di satu saat gw ngerasa cape, gw jadi gampang iri, nyeselin apapun yang gw perbuat, underestimate diri gw sendiri, dan tidak mencintai diri gw sendiri. Ketika gw menyadari ada yang tidak beres, gw coba memperbaiki diri gw. Sampai pada suatu saat, gw melihat quotes mengenai pentingnya menerima diri sendiri. menerima kekurangan kita maka kita akan lebih bahagia. Dan pada akhirnya gw coba, gw coba berpikir gapapa kok kalau gw gendut, gapapa kok kalau gw “bego”. Lalu mulai ada pikiran, “ya udah lah terima aja kenyataanya emang kaya gini. Diciptain sama yang di atas begini, mau diapain.”

Hidup gw emang berubah pada saat itu. Gw menjadi lebih ga peduli dan emang lebih happy sih. Cuman suatu saat gw menyadari kalau hidup gw ga ada perubahan, kaya gitu aja terus. Akhirnya gw mencoba untuk coba cari tahu apa yang dimaksud dengan kata “menerima”. Seiring berjalannya waktu, gw sadar apa itu yang dimaksud dengan kata menerima. Dan ini yang gw mau share sama kalian karena menurut gw ini penting banget.

  1. MENERIMA BUKAN BERARTI PASRAH
  2. MENERIMA BUKAN BERARTI MENYERAH
  3. MENERIMA BUKAN BERARTI TIDAK MELANGKAH

Yang dimaksud dengan MENERIMA adalah:

  1. Menerima itu berarti bersyukur. Belajar bersyukur walau kadang menurut kita situasi nya ga memungkinkan. Melihat sisi positif dalam setiap permasalahan. Bersyukur kalau kita sadar akan kesalahan kita dan masih diberi kesempatan untuk berubah. Bersyukur kalau kita menyadari apa yang harus diubah. Bersyukur ketika permasalahan datang dan menginjinkan kita untuk bertumbuh.
  2.  Menerima berarti berharap. Percaya kalau masi ada harapan yang bisa menjadi kenyataan jika kita melakukan tindakan. Ketika kita menerima kekurangan kita, kenyataan kita, itu bukan berarti kita malah pasrah. Menerima itu berharap kalau suatu saat nanti keadaan akan berubah dan kita akan bertumbuh. Namun berharap saja tidak cukup. Berharap tanpa perilaku tidak akan membuahkan hasil.
  3.  Melihat berarti berhenti terlalu memfokuskan masa lalu kita. Tidak ada lagi penyesalan, yang ada hanyalah langkah langkah bagaimana memperbaiki untuk masa depan yang lebih baik. Ketika kita sudah menerima kenyataan dan permasalahan yang ada dihidup kita, tidak ada lagi kata-kata sedih, capek, mengeluh, menyesal. Karena menerima adalah dimana saat kita menyadari kita mempunyai masalah, dan kita terima permasalahan itu dan pakai permasalahan itu untuk kita bisa bertumbuh. Kita dapat bertumbuh untuk menjadi orang yang lebih baik dengan mencari cara untuk memperbaiki dan terus fokuskan diri kita ke masa depan yang lebih baik bukan masa lalu.

Emang apa yang diomongin diatas ini semuanya ga gampang. Tapi namanya kan juga belajar ya, yang namanya belajar ga ada yang gampang. Tapi setiap apapun yang kita pelajari pasti ada gunanya. Tahu gak kalau bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata menerima itu salah satunya membenarkan. Gw juga masih dalam proses kok untuk menerima hidup gw dengan mindset yang benar. Gw juga yakin kita pasti bisa melakukan ini ketika kita punya kemauan dan berusaha. Jadi yuk, kita sama sama belajar untuk menerima. Menerima itu satu kata yang simple, tapi sangat kuat artinya.

 

Note: Forum ini forum terbuka maupun tertutup, jika kalian ingin share pengalaman hidup kalian atau memberikan saran, kalian bisa komen dibawah sini. Jika kalian ingin cerita secara private tentang permasalahan hidup kalian, bisa langsung contact dm instagram @weareseeds.id. Gw juga berharap agar apapun yang kalian komen atau menyarankan sesuatu itu semuanya positive dan membangun. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya!

Leave a Reply