Apa yang dimaksud dengan Melangkah?

Apa yang dimaksud dengan Melangkah?

Apa yang dimaksud dengan melangkah?

Ketika kita sudah bangkit dari permasalahan kita, kita diberikan dua pilihan:

  1. berhenti sampai disitu dan cari aman.
  2. terus berusaha dan kejar lagi mimpi kita.

Yang dimaksud dengan melangkah adalah ketika kamu memilih pilihan yang kedua. Pada kesempatan ini gw ingin ngomongin lebih detail lagi mengenai arti kata melangkah. Ada tiga poin yang ingin tekankan:

  • Ketika kita melangkah kedepan bukan berarti kita melupakan hal itu terjadi didalam kehidupan kita. Ketika kita memutuskan untuk melangkah, bukan berarti kita berperilaku seperti hal itu tidak pernah terjadi didalam kehidupan kita. Contohnya, misalkan kita pernah disakiti, kita pernah gagal, kita pernah melakukan sesuatu kesalahan yang bodoh sekali, melupakan hal itu atau berprilaku itu tidak pernah kejadian bukanlah yang gw maksud dengan arti kata melangkah disini. Melangkah adalah dimana kita sudah menjadi sosok yang lebih kuat dari sebelumnya. Memutuskan untuk melangkah berarti kita sudah menerima bukan melupakan. Memutuskan untuk melangkah berarti kita sudah belajar dan bukan bersikap kalau hal itu tidak pernah terjadi. Jadi ketika kita memutuskan untuk melangkah, itu berarti kita sudah menjadi sosok yang lebih kuat, pintar, dan siap untuk mengejar mimpi kita lagi. Pastikan kalau sesuatu hal yang baru ada didalam diri kita sebelum kita melangkah antara itu semangat baru, strategi baru, kekuatan yang baru, atau pandangan yang baru. Karena kalau tidak, kemungkinan besar kita akan terjatuh lagi akan kesalahan yang sama.

 

  • Poin kedua yang gw mau tekanin adalah ketika kita melangkah pastikan kalau kita sudah tahu apa yang kita harus ubah. Kita sudah siap melakukan perubahan 180 drajat agar kita bisa kembali mengejar mimpi kita. Seperti contohnya, waktu gw kuliah gw suka banget sama yang namanya sistem kebut semalem, dan itu yang membuat gw ga bisa mencapai potensial gw. Jadi untuk gw bisa mencapai potensial gw, gw harus berubah 180 drajat dari yang tadinya suka sistem kebut semalem, jadi orang yang suka nyicil dari sebelum-sebelum. Ketika kita sudah tahu apa yang kita harus ubah, kita tinggal belajar melakukan perubahan itu. Merubah sifat itu tidak gampang, itu harus menjadi sebuah habit/ kebiasaan. Kita butuh tekad yang besar untuk merubah kebiasaan kita, jadi sebenarnya balik lagi ke diri kita sendiri, seberapa besar kita ingin mendapatkan mimpi kita. Jangan bilang kalau kalian pengen banget untuk mendapatkan sesuatu, tetapi kalian tidak melakukan suatu perubahaan. Itu berarti kalian sebenernya tidak kepengen-kepengen banget. Keingan harus disertai dengan tekad dan ketekunan agar itu dapat tercapai.

 

  • Poin terakhir nih, menurut gw ini penting banget. Dari apa yang gw pelajarin di kuliah gw, kebanyakan manusia itu suka banget merasa kalau diri nya dia itu yang paling menderita. Kebanyakan manusia itu suka merasa kalau apa yang dia alamin itu seakan-akan ga ada yang bisa ngertiin dia. Jadi waktu kalian baca ini, kalian bakalan bilang kaya gini “Lu gatau aja apa yang gw harus hadapin”, “Permasalahan gw berat banget, lu ga bakalan ngerti”. Kalian merasa seperti itu ga sekarang? Gw emang mungkin ga ngerti dengan apa yang permasalahan kalian. Gw juga gatau apa yang sedang kalian hadapin. Satu hal yang gw tahu, kalau hidup itu pilihan. Setiap manusia punya power untuk memilih. Kita memang tidak bisa memilih kita dilahirkan seperti apa, tetapi kita punya pilihan bagaimana kita menjalani hidup kita. Kebanyakan dari orang stuck dengan apa yang dia punya, karena mereka takut untuk melangkah. Ada yang takut untuk melangkah karena trauma, adapun yang takut melangkah karena mereka sudah nyaman dengan keadaan mereka dan takut kalau melangkah itu mengubah keadaan mereka. Rasa takut itu membuat kita merasa kalau dihidup ini tidak ada pilihan. Ketika apa yang kita lakukan dikendalikan dengan rasa takut, hidup kita tidak akan bertumbuh dan kita tidak akan kemana-mana. Maka dari itu kita harus bisa mengendalikan rasa takut itu, bukan malah dikendalikan. Dan yang terakhir, kadang kita merasa kalau apa yang kita lakukan itu sudah benar, sampai kita merasa tidak ada yang perlu di ubah lagi. Kita berpikir kalau permasalahan itu akan hilang sedirinya. Gengsi kita terlalu tinggi untuk mengakui bahwa kita salah dan harus berubah. Kita harus sadar diri dan introspeksi diri sebelum kita memutuskan untuk melangkah dan harus ada perubahan.

Tiga hal ini aja yang gw pengen tekanin ketika kita memutuskan untuk melangkah. Supaya nanti waktu gw bahas bagaimana, kapan, atau kenapa kita harus melangkah kita udah punya satu fondasi yang sama dengan arti kata melangkah. Setiap kita mendapatkan masalah, pastikan kalau kita mempelajari sesuatu dari permasalahan kita. Dengan begitu, setiap ada permasalahan kita bisa bersyukur dan selalu melihat ada sisi positif yang bisa kita dapatkan. Jangan lupakan permasalahan kita, karena dengan mengingat permasalahan tersebut kita bisa terus ingat apa yang kita pelajarkan. Kita bisa melihat kalau kita adalah sosok orang yang kuat dan kita bisa semakin percaya kalau kita bisa menghadapi masalah-masalah kita. Gw tau apa yang gw omongin ini ga segampang itu, tetapi sekali lagi hidup itu pilihan. Pilihannya ada ditangan kalian, jadi pilihlah jalan yang membuat kalian bisa bangga dengan diri kalian pada akhirnya.

Note: Jika ingin sharing atau memberi opini silahkan comment di bawah ini, atau comment di instagram kami @weareseeds.id, dan kalian juga bisa email ke weareseeds.id@gmail.com. Jika kalia ingin cerita secara private, kalian juga bisa langsung email, direct message instagram kami, atau add line kami @qvy4508m (jangan lupa pakai @).

Leave a Reply