Siapa yang harus menerima?

Siapa yang harus menerima?

Siapa yang harus menerima?

1. Jelas diri kita sendiri. Terimalah diri kita sendiri.

Ada salah satu pembicara di acara TED Talk yang gw suka banget. Gw ingin sekali kasih tahu ke kalian apa yang gw pelajari dari beliau. Quote di atas adalah kalimat yang beliau ucapkan saat itu. “Nikahilah dirimu sendiri terlebih dahulu” adalah kalimat yang sangat aneh bukan? Banyak dari kalian yang pasti mempertanyakan maksud dibalik kalimat itu. Sebelum itu biar gw jelaskan, ketika kita menikah dengan seseorang. Kita akan berjanji untuk saling memilki dan menjaga pada waktu kelimpahan maupun kekurangan, pada waktu susah maupun senang, pada waktu sehat maupun sakit dari sekarang sampai selama-lamanya. Jadi ketika kita menikahi diri kita sendiri terlebih dahulu, kita akan berjanji untuk saling memiliki dan menjaga diri kita.

“Pada waktu kelimpahan maupun kekurangan”

  • Yang mengartikan kalau kita akan mencintai diri dimana saat diri kita sekarang berada. Kita tidak akan bilang bahwa “Gw akan mencintai diri gw saat gw udah kurusan 10 kg” atau “gw akan mencintai diri gw saat nanti gw jadi seseorang yang gw mau.” Ketika kita berjanji untuk mengasihi diri kita pada waktu kelimpahan maupun kekurangan, kita akan tetap mengasihi kita saat kita lagi dalam proses menuju kesuksesan yang kita inginkan. Ketika kita mengasihi diri kita pada dalam proses, percaya tidak percaya, proses itu akan menjadi lebih mudah.

“Pada waktu susah maupun senang”

  • Mudah mencintai diri kita pada waktu senang. Mudah mencintai diri kita ketika kita diatas. Pertanyaannya adalah bisakah kita mencintai diri kita saat kita dibawah? Ketika kita gagal, dikecewakan, melakukan kesalahan, kalah, tidak diterima universitas, pekerjaan, atau apapun itu, apakah kita masih bisa bilang kalau “gw masih cinta kok sama diri gw sendiri”? Bukankah kebanyakan diri kita akan memarahi diri kita dan merendahkan diri kita sendiri? Kasihilah diri kita sendiri bukan hanya waktu senang, tetapi waktu susah pun. Ketahuilah bahwa dukungan dari orang lain tidak akan berguna, ketika diri kita sendiri tidak mendukung.

“Pada waktu sehat maupun sakit”

  • Berjanjilah pada diri kita sendiri, kalau kita akan merawat diri kita sendiri ketika diri kita lagi sakit. Sakit karena patah hati, kecewa, sedih, atau khawatir. Kita akan selalu menjaga diri kita dan menenangkan diri kita. Seperti kita menenangkan orang yang kita sayangi ketika kita tahu mereka sedang sakit. Kadang kita memegang tangannya dan membuat orang tersebut merasa nyaman didekat kita. Begitu pula dengan diri kita sendiri, buatlah diri kita merasa nyaman dan rawatlah diri kita ketika kita lagi sedang sakit hati.

Setelah gw menonton video itu, gw langsung berjanji ketiga hal itu terhadap diri gw sendiri. Gw berjanji untuk belajar mencintai diri gw dari sekarang sampai selamanya. Jadi gw harap kita di sini bisa sadar betapa pentingnya dan mulai berjanji untuk mencintai diri kita dalam tiga kondisi tersebut.

2. Orang lain

YA orang lain. Ketika kita sudah belajar untuk menerima diri kita sendiri. Orang lain juga harus bisa menerima diri kita. Orang disekitar kita harus bisa menerima kita apa adanya seperti kita menerima diri kita. Jangan biarkan pemikiran orang lain mengenai kita mendefinisikan siapa kita sebenarnya. Jangan mau sama orang yang tidak bisa menerima diri kita sendiri. Ingat yang di atas, cintailah diri kita sendiri terlebih dahulu. Ketika kita sudah belajar untuk mencintai diri kita sendiri, waktu kita bertemu dengan orang lain yang ada dipikiran kita bukan “dia suka ga sama gw ya?”, “gw bosenin ga ya?” tapi kita akan memikirkan apa perasaan kita ketika berada disekitar dia. Kita akan lebih memikirkan “apakah gw bahagia bersama dia?”, “apa gw merasa nyaman?”. Bisa dilihat kan ya perbedaannya? Secara logika maupun perasaan, kita akan jauh lebih bahagia ketika kita dapat berpikir seperti itu.

Jadi nikahilah dirimu terlebih dahulu. Berjanjilah kalau kita akan mencintai diri kita dari sekarang sampai selamanya. Jagai dan rawatlah diri kita selayaknya. Jangan biarkan orang disekitar kita menyakiti hati kita dan merendahkan diri kita. Dibawah ini ada youtube TED Talk nya sendiri, kalau kalian ingin nonton silahkan saja ditonton.

Note: Jika kalian ingin sharing atau memberi pendapat silahkan comment di bawah ini. Kalian juga bisa direct message ke instagram @weareseeds.id atau email ke weareseeds.id@gmail.com .  Jika ingin mengetahui update-an artikel artikel kami lebih lanjut. silahkan follow instagram kami @weareseeds.id

Leave a Reply