Kapan kita harus menerima?

Kapan kita harus menerima?

Tidak semua hal dalam kehidupan kita bisa kita ubah sesuka hati kita.

Tidak semua hal kita dapat miliki.

Tidak semua hal bisa terjadi seperti apa yang kita inginkan.

Tidak ada yang bilang kalau kehidupan ini mudah. Tapi ingat, kita punya kendali didalam kehidupan ini. Quotes di atas menyadarkan kita kalau kita mempunyai pilihan dan kekuatan untuk menerima dan mengubah hal-hal tertentu. Lantas, bagaimana cara kita mengetahui hal mana yang harus kita terima dan hal mana yang kita harus ubah? Menurut gw, inilah 3 hal yang kita harus terima dan yang kita bisa ubah:

3 Hal yang kita harus bisa terima:

  1. Genetik
    • Kita harus bisa menerima seperti apa kita dilahirkan. Kita harus bisa menerima gene apa yang kita dapatkan dari kedua orang kita. Walaupun kadang gw tau kita sering kali mengeluh “kenapa sih gw muka gw seperti ini?”, “kenapa sih gw ga punya gene genius?”, “kenapa sih gw ga bisa makan banyak dan tetap kurus?”, “kenapa sih gw begitu dan begini dan sebagainya?” ketika kita merasa sesuatu itu memang bawaan dari lahir, dari orang tua. Kita harus bisa belajar untuk menerima karena tidak ada yang bisa kita ubah dari hal tersebut. Buat apa kita menyesalkan sesuatu hal diluar kendali kita. Ingat, menerima adalah bersyukur dengan apa yang kita punya.
  1. Kenyataan
    • Yang dimaksud dengan kenyataan disini adalah terima ketika kita ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi. Menerima kepahitan, kegagalan, kekecewaan, dan setiap masa lalu yang sudah terjadi. Tidak menerima masa lalu, tidak akan mengubah masa lalu tersebut. Tidak menerima masa lalu hanya akan menghambat kita untuk melangkah ke masa depan.
  1. Orang lain
    • Manusia memang tidak ada yang sempurna. Setiap kita pasti pernah menyakiti dan disakiti. Kita harus bisa menerima kekurangan orang lain karena kita juga memiliki kekurangan. Kita harus bisa menerima kesalahan orang lain. Ketidak sempurnaan manusia bukanlah hak kita untuk menghakimi. Terimalah kesalahan orangtuamu, temanmu, pacarmu, saudaramu, atau siapapun itu. Maafkan mereka yang bersalah kepadamu yang tidak disengaja maupun disengaja. Bukan karena untuk kebaikan mereka, tetapi untuk kebaikan kita. Percayalah, ketika kita memaafkan, hati kita akan merasa tenang.

3 Hal yang kita bisa ubah:

  1. Kebiasaan
    • Genetik kita memang tidah bisa diubah, tapi kebiasaan kita bisa ubah asal ada kemauan. Gw menyadari kalau gw adalah orang yang gampang buat naik berat badannya. Gw menyadari kalau gw butuh waktu yang cukup lama untuk belajar sesuatu hal yang baru. Kadang kedua hal itu membuat gw iri, membuat gw kesal terhadap diri gw sendiri dan mulai berpikir mungkin memang gw ditakdirkan untuk menjadi orang yang gendut, atau orang yang kurang pintar. Tetapi seiring berjalannya waktu gw menyadari, memang gw tidak bisa mengubah itu semua. Tetapi gw bisa ubah kebiasaan gw dengan cara mengubah kebiasaan gw. Gw memulai olahraga setiap hari dan memakan makanan yang sehat. Gw juga mulai mengubah cara gw belajar dengan cara menyicil. Gw menerima gene gw dan kenyataan gw, tetapi dengan mengubah kebiasaan gw, gw tetap bisa menjadi orang yang lebih baik. Jadi, kita bisa menyesuaikan kekurangan kita dengan cara mengubah kebiasaan kita. Memang tidak gampang, tetapi jika itu untuk mempunyai hidup yang lebih baik, kenapa tidak?
  1. Cara Berpikir
    • Kenyataan memang tidak bisa diubah, tetapi kita bisa mengubah cara kita memandang dan menghadapi kenyataan. Mencoba untuk berpikir positif dalam setiap kenyataan yang pahit. Ingat untuk mencari hal yang positif didalam kehidupan kita. Kita bisa mengambil setiap kepahitan, kekecewaan, dan kegagalan sebagai pelajaran. Mungkin ada hal tertentu yang kita tidak bisa ubah, tetapi ingat dengan pribahasa “Banyak jalan menuju Roma”, masih ada cara lain untuk menjadi lebih baik. Berpikirlah untuk sesuatu yang positif dan jangan putus asa dengan kenyataan yang tidak mendukung. Berpikir untuk mencari jalan yang bisa diubah. Berpikirlah untuk menjadi versi terbaikmu. Berpikirlah dan percaya bahwa tidak ada kata terlambat, dan tidak ada kata tidak bisa.
  1. Masa depan
    • Kita tidak bisa mengubah masa lalu kita, tetapi kita selalu bisa mengubah masa depan kita. Mengubah masa depan dengan cara menerima masa lalu dan mulai berpikir apa yang kita bisa ubah. Sesuatu hal yang terjadi mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, tetapi selama kita memegang kendali dalam hidup kita. Kita masih bisa meluruskan dan memperbaiki. Masa lalu tidak menentukan masa depan kita karena kitalah yang menentukan masa depan kita. Bagaimana kita berpikir, bagaimana kita bergerak akan menentukan masa depan kita. Selama kita masih mau berusaha, masa depan yang baik akan selalu menunggu.

Bersabarlah ketika hidup tidak seperti apa yang kita ingini. Berpikirlah yang positif dan berusahalah untuk selalu mencari jalan yang positif. Jangan kenyataan dan masa lalu kita menghambat kita atau mengubah kita untuk menjadi orang yang lebih buruk. Jangan salahkan masa lalu kita atau sekitar kita, karena hidup ini adalah pilihan. Ketika kita tidak bisa menyalahkan, tetapi kita mempunyai kekuatan dan kendali untuk mempunyai masa depan yang lebih baik. Ingat, bagaimana kita bersikap dalam menghadapi orang disekitar kita atau masalah disekitar kita adalah yang menentukan masa depan kita.

Note: Jika kalian ingin sharing tentang mengenai topik diartikel ini atau kalian sedang kesusahan dalam bingung, kalian bisa comment di bawah agar kita bisa saling membantu. Kalian juga bisa cerita private di direct message instagram @weareseeds.id atau email weareseeds.id@gmail.com . Jika ingin tahu kapan artikel-artikel akan di-upload silahkan follow instagram kami @weareseeds.id.

Leave a Reply